Jumat, 08 April 2011

METODE PENGAJARAN





(Metode pengajaran adalah cara penyampaian dalam kegiatan belajar mengajar.)

A. Metode Ceramah
            Metode ceramah adalah suatu cara penyampaian bahan pengajaran dalam bentuk penuturan oleh guru terhadap anak.

Penerapan Metode ini

  1. Dilakukan pada saat KBM klasikal awal, kelompok klasikal ahir.
  2. Didukung oleh alat bantu berupa gambar, bagan, alat peraga.
  3. Dapat di variasi dengan seni bermain, bercerita, dan menyayi bisa juga dipadukan dengan tanya jawab.
  4. Bahan pengajarannya adalah cara untuk pembetukan siswa seperti materi, adab ilmu tajwid, pengajaran shalat, dinul islam

B. Metode Tanya Jawab
            Metode Tanya Jawab adalah suatu cara penyampain bahan pengajaran melalui proses Tanya jawab.

Penerapan Metode ini

  1. Metode ini diterapkan pada saat privat pada awal dan ahir.
  2. Pola ini dilakukan dengan cara
a)      SaatKBM klasikal
Ø  Guru bertanya dan murid menjawab secara perorangan
Ø  Murid dirangsang untuk bertanya atau membuat pertanyaan dan guru memberi memberikan jawaban
b)      Saat KBM individual
Ø  Guru bertanya dan murid munjawab.
Ø  Murid dirangsang untuk bertanya.
  1. Metode ini digunakan untuk semua mata pelajaran.
  2. Minat murid untuk berani Tanya jawab dirangsang dengan pemberian hadiah langsung.

C. Metode Demonstrasi
            Metode Demonstrasi adalah suatu cara penyampaian bahan pengajaran dalam bentuk mempertunjukan gerakan-gerakan untuk ditiru oleh murid.

Penerapan Metode ini

1.      Dapat dilakukan dalam KBM klasikal maupun individual
2.      Dapat dipadukan dengan metode Ceramah.
3.      Bahasa pengajarannya yaitu ; Baca Al-Qur’an, Tadarus, Ilmu Tajwid, Praktek   Shalat, Praktek wudhu, dan olah raga.




D. Metode Latihan / Dril
            Metode ini adalah suatu cara penyampaian bahasa pengajaran dalam bentuk latihan khusus.

Penerapan Metode ini

1.      Dilakukan dalam KBM
2.      Dapat dipadukan dengan metode lain.
3.      Bahasa  pengajarannya adalah ; Pengajaran Al-Qur’an, Tadarus, Hapalan, Ilmu Tajwid, Praktek   …..Shalat, dan olah raga.lat, dan olah raga.


E. Metode Pemberian tugas
            Adalah suatu cara penyampaian bahan pengajaran dalam bentuk pemberian tugas tertentu dalam rangka mempercepat target tujuan.

Penerapan Metode ini
  1. Dapat dilakukan dengan memberikan tugas (PR)
  2. Pemberian tugas berupa lisan atau tulisan
  3. bahan pelajaranya adalah semua mata pelajaran.


F. Metode Sosiodrama
            Adalah suatu cara Penyampaian bahan pengajaran dalam bentuk penggambaran hubungan sosial.


Penerapan Metode ini

  1. Diterapkan pada KBM atau pada waktu khusus atau pada extrakulikuler
  2. Guru harus mempersiapkan khusus segala sesuatu dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a)      Merancang situasi sosial
b)      Membagi kelompok yaitu kelompok pemain dan kelompok penonton.
c)      Guru menjelaskan sebagian jalanya hubungan social lalu diteruskan oleh kelompok pemain.
d)     Pihak penonton diminta penanggapanya bahan pengajaranya adalah menuntut gambaran profesi perbuatan tertentu seperti pengjaran Do’a, adab harian, profesi orang berwudhu.



G. Metode Kerja Kelompok
            Adalah Suatu penyampaian bahan pengajaran dalam bentuk pembagian tugas secara kelompok.

Penerapan Metode ini

1.      Hampir sama dengan metode pemberian tugas, bedanya kelompok dikerjakan oleh beberapa orang.
2.      Dapat diterapkan dalam KBM klasikal misalnya pada waktu “study tour”
3.      Isi kegiatanya berupa tugas mengerjakan soal secara kelompok.
4.      Metode ini dapat dijadikan sebagai salah satu mengisi waktu saat guru ada halangan.


H. Metode Karya Wisata
            Adalah suatu cara pebelajaran dalam rangka mengembangkan wawasan dengan jalan mengunjungi objek wisata.

Penerapan Metode ini

  1. Dilakukan pada waktu khusus diluar jam KBM.
  2. Program ini dapat melibatkan seluruh murid.
  3. guru harus mempunyai rencana yang matang.



Thank udah baca.. mudah-mudahan bermamfaat......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar